Mba Sum


Kalau anda yang sekolah di SD Negri 1 Wanadadi dan SMP Negri 1 Wanadadi,antara tahun 1975 s/d 1990 pasti kenal sama Mba Sum,ya Mba Sum yang jualan jajan untuk Anak anak SD dan SMP.

Tempat Jualannya menggunakan meja di Sebelah timur SD Negri 1 Wanadadi atau di depan SMPN 1 Wanadadi.

Jajanan yang dijual adalah jajanan tradisional tempo dulu,yang sekarang mungkin sudah agak susah didapat,kalaupun ada saya yakin tidak akan seenak buatan  Mba Sum. Jajanan yang namanya :


 Gesret    :
Ketela parut ini kemudian dikukus dan diberi gula jawa. Sebagai pelengkapnya yaitu kelapa parut.

Cenil        :
Terbuat dari tepung kanji, yang dibentuk bulat-bulat kemudian dikukus dan ditambahkan kelapa parut dan juruh(gula jawa yang dicairkan dan direbus sampai kental). Rasanya gurih-gurih kenyal. Dihidangkan dengan pincuk daun pisang, akan menambah aroma hidangan ini lebih menggoda.
Grontol   :
Jagung direbus sampai matang, disajikan dengan juruh (gula jawa bentuk cair) dan kelapa parut yang diberi sedikit garam.
Candil    :
Bola-bola dari tepung ketan yang ada di dalam bubur sagu ini terasa gurih dengan kuah santan yang meyertainya.

Yang paling enak adalah kalau pagi pagi makanMutiara buatan Mba Sum,masih panas dan Mutiara buatan Mba Sum beda dengan buatan orang lain,mutiara nya tidak lengket satu sama lain,manis dan pokoknya enak banget dan hampir tiap pagi sebelum masuk kelas saya pasti menyempatkan diri jajan Mutiara.

Ada banyak lagi jajan ringan yang dijual Mba Sum dan saya yakin sekarang sudah jadi jajanan yang langka,coba bayangin anda makan Crebek : makanan yang dibuat dari Jagung goreng yang ditumbuk halus seperti tepung dan dibungkus kertas seperti pasung,dulu kita harus hati hati sekali makan crebek,karena salah2 bisa kesedak masuk hidung rasanya sakit sekali.

Adalagi Binteng,Opak dan seingat saya Mba Sum tidak jualan Jajan bikinan Pabrik,semua yang dijual adalah bikinan mba Sum sendiri,jadi cukup sehat untuk anak-anak sekolah pada waktu itu.

Alhamdulillah Mba Sum sekarang masih hidup dan tinggal di Dusun Kemantren Desa Wanadadi,usia beliau sekarang sudah sepuh dan sudah tidak jualan lagi,kesibukannya sekarang adalah momong cucu.
Buat yang pengin silaturahmi sambil mengenang masa-masa sekolah dulu,silahkan main kerumah beliau pasti akan sangat senang sekali dikunjungi bekas pelanggan pelanggan cilik nya.


Share:

0 comments:

Posting Komentar